Kamis, 09 April 2009

PROPOSAL PENDIRIAN
SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN (STIKAP) PEKALONGAN
YAYASAN MADRASAH ISLAMIYAH ( YMI )
WONOPRINGGO PEKALONGAN
TAHUN AKADEMIK 2009/2010

I. PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
1. Dampak kehidupan global yang dialami bangsa – bangsa dewasa ini adalah nyata mempengaruhi perkembangan masyarakat yang ditandai dengan adanya perubahan sosial / masyarakat yang demikian cepat dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Sebagai akibat dari perubahan sosial tersebut adalah terjadi perubahan pada : nilai-nilai tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat, pada pola pikir, pandangan, keyakinan manusia-pribadi dan perilakunya, serta perubahan perkembangan pada struktur sosial dan lembaga / institusi sosialnya, termasuk institusi pendidikan.
2. Pendidikan ada, tumbuh dan berkembang dalam lingkungan kehidupan masyarakat dan masyarakat dapat tumbuh dan berkembang maju seirama dengan perkembangan kemajuan di bidang pendidikan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Telah diakui bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat telah membawa dampak dan perubahan terhadap kehidupan manusia, terutama pada abad ke 20 hingga kini. Dengan demikian pertumbuhan dan kemajuan masyarakat ( yang berkeadaban ) membutuhkan pendidikan yang maju dan berkualitas , yang mampu memenuhi kebutuhan- kebutuhan masyarakat pengguna jasa pendidikan dan sebaliknya pendidikan yang berkualitas mensyaratkan pengelolaan yang baik dan dukungan serta partisipasi masyarakat-bangsanya.
3. Salah satu dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah terjadinya persaingan global yang kompetitif dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam bentuk produk maupun pelayanan ( service ). Era globalisasi telah mendorong manusia dan atau lembaga / institusi sosial untuk bersaing dalam mendapatkan atau memberikan kualitas produk dan pelayanan terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat ( Costumer/cliennya ). Salah satu faktor kunci untuk memenangkan persaingan global tersebut adalah dengan memiliki sumber daya manusia profesional yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme dalam berbagai bidang penghidupan dan kehidupan masyarakat harus menjadi prioritas utama pembangunan suatu bangsa/negara. Kenyataan menunjukan bahwa bangsa atau negara yang memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi dapat menguasai kehidupan manusia ( baik produk maupun jasa pelayanan ). Sebaliknya negara-negara berkembang yang sampai saat ini belum dikategorikan sebagai negara maju, memiliki ketergantungan yang tinggi tarhadap negara maju. Oleh karena itu negara berkembang harus berusaha mengejar ketertinggalan mereka dengan memacu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan pendidikan dan kualitas mutu pendidikannya.
4. Negara dan bangsa Indonesia ( yang masih dikategorikan sebagai negara yang belum maju ) mayoritas penduduknya muslim. Oleh karena itu bangsa Indonesia pada umumnya terutama umat Islamnya harus bekerja keras dan merasa wajib untuk memacu peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan. Islam menekankan bahwa pendidikan merupakan perintah kewajiban agama, dimana proses belajar mengajar dan proses pencarian ilmu menjadi sangat bermakna dan bernilai dalam kehisupan manusia. Islam memberikan posisi derajat yang sangat tinggi kepada orang-orang yang terdidik, terpelajar, sarjana dan ilmuan yang beriman. Disamping itu rangkaian kegiatan pendidikan dalam Islam adalah merupakan ibadah kepada Allah yang merupakan kewajiban individual dan kolektif yang pelaksanaannya dilakukan melalui pendidikan formal dan non formal sesuai dengan tingkat kemampuan anggota masyarakat Islam masing- masing. Selanjutnya dapat dikemukakan bahwa seluruh proses pembelajaran dan pola pendidikan dalam konstruk ajaran Islam bersifat dialogis, inovatif dan terbuka. Hal ini berarti dalam rangka meraih kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, umat Islam bisa belajar dari manapun sepanjang bermanfaat bagi peningkatan kreatifitas dan pencerahan intelektualitas umat Islam serta memperkuat konstruk keseimbangan hubungan dengan Allah dan hubungan sosial antar sesama manusia. Sehingga tujuan untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat bisa dilakukan melalui proses pendidikan, sebab nilai-nilai intelektual ( kecerdasan intelektual ) dan nilai-nilai moral spiritual ( kecerdasan emosial ) mendapat tempat yang serasi dalam rancang- bangun sisitim pendidikan Islam.
5. Bahwa Kabupaten Pekalongan adalah sebuah wilayah yang secara geografis cukup strategis di Jawa Tengah, dan dikenal sebagai kota Santri yang mengandung arti dan menggambarkan tingkat religiousitas yang kuat dari masyarakat kabupaten Pekalongan. Namun ditinjau dari sisi pendidikan masih belum menunjukan perkembangan yang optimal, antara lain baru ada satu Perguruan Tinggi, yaitu STIKES Muhamadiyah Pekalongan. Adapun di wilayah Kota Pekalongan sebagai penyangga Kabupaten Pekalongan terdapat Perguruan Tinggi sebagai berikut : STAIN Pekalongan, STIKES Negeri Pekalongan, STIMIK Pekalongan, STIE Muhamadiyah Pekalongan dan Politeknik Pusmanu Pekalongan. Disisi lain, justru marak tumbuhnya Kelas Jauh Perguruan Tinggi Swasta dari Daerah lain di Kabupaten Pekalongan yang sangat meprihatinkan. Disamping itu masih banyaknya tenaga kependidikan, guru dan tenaga fungsional lain yang belum memenuhi standar kompetensi akademik ( lulusan S1 ).
6. Bahwa berdasarkan undang – undang sistem pendidikan nasional, masyarakat berhak menyelenggarakan pendidikan berbasis masyarakat pada pendidikan formal dan nonformal sesuai dengan kekhasan agama, lingkungan sosial, dan budaya untuk kepentingan masyarakat. Sementara itu masyarakat Pekalongan pada umumnya adalah masyarakat pedagang/pengusaha muslim, sehingga pembukaan Prodi Mu’amalah/Ekonomi Syariah sangat membantu peningkatan / pengembangan sumber daya manusia.
7. Hasil studi kelayakan menyimpulkan bahwa pendirian Sekolah Tinggi Islam Ki Ageng Pekalongan dengan Program Studi Kependidikan Islam dan Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah sangatlah dibutuhkan dan prospektif untuk masa yang akan datang bagi masyarakat Pekalongan, baik dalam bidang penyiapan alternatif pengembangan pendidikan islam, penyediaan alternatif memperoleh pendidikan tinggi bagi lulusan MA/SMA/SMK, serta penyiapan sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif.
Berdasarkan pokok – pokok pikiran dan latar belakang seperti tersebut diatas, maka Yayasan Madrasah Islamiyah ( YMI ) Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah memandang perlu mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam dengan nama SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN (STIKAP) PEKALONGAN, dengan alasan sebagai berikut :
a. Memperluas akses dan pemerataan pendidikan serta mengurangi tingkat anak putus sekolah.
b. Menyediakan fasilitas pendidikan tingkat perguruan tinggi dan membantu masyarakat ekonomi lemah yang tidak mampu menyekolahkan anak keluar daerah/diluar daerah.
c. Membantu program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menyiapkan tenaga profesional.
d. Pemberian nama Ki Ageng Pekalongan pada STIKAP Pekalongan atas dasar petunjuk dari salah seorang Ulama Kharismatik di Kabupaten Pekalongan, yang menjelaskan bahwa Ki Ageng Pekalongan adalah pemberi nama/sebutan Pekalongan.


B. DASAR HUKUM PENDIRIAN
1. Pembukaan dan pasal 31 UUD 1945
2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Tahun 2003 Nomor 78: tambahan lembaran Negara Nomor 4301)
3. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999, tanggal 24 Juni 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
4. Keputusan Mendiknas RI Nomor 234/U/2000 tanggal 20 Desember 2000 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi
5. Keputusan Menteri Agama Nomor 394 Tahun 2003 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi di lingkungan Departemen Agama.
6. Surat Edaran Dirjen Dikti Nomor 2668/D/T/2000 tanggal 26 September 2000 tentang Pembukaan Program Studi Baru dan Pendirian Perguruan Tinggi Baru.
7. Anggaran Dasar Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.

C. SEJARAH,VISI & MISI YMI WONOPRINGGO/BADAN PENDIRI
1. Sejarah YMI
Yayasan Madrasah Islamiyah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan berdiri pada tahun 1940 dan sejak tanggal 12 Nopember 1958 dikukuhkan berdasarkan Akte Notaris Nomor 3 tahun 1958 Notaris : K. SOENARIO Pekalongan, yang kemudian diperbaharui dengan Akte Notaris Nomor 16 tahun 1985 tanggal 6 Maret 1985, Notaris : K. SOENARIO Pekalongan, yang selanjutnya disebut Yayasan
Yayasan bertujuan mengembangkan Pendidikan, Pengajaran Agama Islam dan pengetahuan umum. Untuk mencapai tujuan tersebut yayasan ini berusaha mendirikan sekolah – sekolah mulai dari sekolah dasar, menengah, sampai dengan Perguruan Tinggi.
Perjalanan dan perkembangan Yayasan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan dinamika dan kebutuhan masyarakat, sehingga YMI Wonopringgo sampai sekarang ini berhasil mengelola 17 satuan pendidikan formal yaitu: 6 satuan pendidikan TK/RA, 7 satuan pendidikan SDI/MI, 2 satuan pendidikan SMPI/MTs, 2 satuan pendidi kan SMA/MA.

2. Profil Yayasan.
a. Identitas Yayasan
1) Nama Yayasan
2) Akte Notaris
3) Alamat
4) Kelurahan
5) Kecamatan
6) Kabupaten
7) Provinsi
8) Kode Pos
9) No. Telepon
10) Alamat e-mail
11) No. Faksimile
12) Tahun Berdiri
13) Nama Ketua Yayasan
14) Alamat Rumah
15) No. Rekening Yayasan
16) NPWP
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Yayasan Madrasah Islamiyah ( YMI )
No. 3 / 12–11–1958 jo. No. 16 / 6–3-1985
Kampus YMI Wonopringgo
Pegaden Tengah
Wonopringgo
Pekalongan
Jawa Tengah
51181
0285 – 4483711
www.ymi.wopi@gmail.com
-
13 Nopember 1940
H. M. Anwar Khan, S.Ag
Rowokembu Wonopringgo
1007-002174 (BPD Cabang Pekalongan)
01.247.992.9-502.000

b. Data Sekolah / Madrasah yang Dimiliki
NO
NAMA
SEKOLAH / MADRASAH
TH. BERDIRI

JENJANG
AKREDI TASI
JUMLAH
SISWA
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
SD ISLAM 01
SD ISLAM 02
TK BATIK
SMP ISLAM
MTs YMI
MA YMI
MI YMI 01
MI YMI 02
MI YMI 03
RA 01 KAUM
RA 02 RWK.UTARA
RA 03 BLUMBANG
TK ISLAM
TK PUTON
SMA ISLAM
MI YMI 04
MI YMI 05
1949
1950
1952
1956
1958
1958
1960
1969
1970
1974
1975
1975
1982
1989
1991
1998
2002
A
A
Percontohan
A
A
B
Percontohan
A
A
A
B
B
A
B
B
B
B
188
216
69
611
648
165
250
311
254
33
25
30
36
42
225
200
130

JUMLAH


3.431

c. Data Sarana dan Prasarana
1) Data Tanah dan Bangunan :
a) Jumlah tanah yang dimiliki : 50.655 m2
b) Luas bangunan seluruhnya : 38.400 m2
c) Lahan kosong (untuk bangunan STIKAP) : 12.255 m2

2) Data Ruang dan Gedung :
No
Nama
Sekolah / Madrasah
Jml
Ge-dung
Ruang
Kls&
Guru
&TU
Per
pusta
kaan
Lab.
Aula
Mu
shola
Gu
dang
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
SD ISLAM 01
SD ISLAM 02
TK BATIK
SMP ISLAM
MTs YMI
MA YMI
MI YMI 01
MI YMI 02
MI YMI 03
RA 01 KAUM
RA 02 RWK.UTARA
RA 03 BLUMBANG
TK ISLAM
TK PUTON
SMA ISLAM
MI YMI 04
MI YMI 05
2
2
2
9
6
3
3
2
1
2
1
2
2
1
3
2
1
9
9
6
24
20
10
12
12
13
7
6
6
7
6
14
10
9
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
-
1
-
1
1
1
1
1
1
-
-
-
-
-
1
-
-
-
-
-
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
-
1
1
-
1
1
1
1
1
1
-
-
-
-
-
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1

JUMLAH
42
180
17
8
2
11
17

3) Data Ketenagaan :
NO
NAMA
SEKOLAH / MADRASAH
TENAGA
PENDIDIK/ GURU
TENAGA
KEPENDIDIKAN
JUMLAH
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
SD ISLAM 01
SD ISLAM 02
TK BATIK
SMP ISLAM
MTs YMI
MA YMI
MI YMI 01
MI YMI 02
MI YMI 03
RA 01 KAUM
RA 02 RWK.UTARA
RA 03 BLUMBANG
TK ISLAM
TK PUTON
SMA ISLAM
MI YMI 04
MI YMI 05
10
9
7
37
31
16
11
12
11
3
3
3
3
4
21
10
8
1
1
2
9
8
5
1
1
1
1
1
1
1
0
6
1
1
11
10
9
46
39
21
12
13
12
4
4
4
4
4
27
11
9

JUMLAH
199
41
240
4) Data Kesiswaan :
No
Nama
Sekolah / Madrasah
Jml
Kls
Jumlah Siswa
Ket.
Lk
Pr
Jml
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
SD ISLAM 01
SD ISLAM 02
TK BATIK
SMP ISLAM
MTs YMI
MA YMI
MI YMI 01
MI YMI 02
MI YMI 03
RA 01 KAUM
RA 02 RWK.UTARA
RA 03 BLUMBANG
TK ISLAM
TK PUTON
SMA ISLAM
MI YMI 04
MI YMI 05
6
6
3
2
16
7
9
9
9
4
3
3
4
3
10
7
6
188
-
25
313
315
49
143
168
117
12
15
14
16
17
92
103
64
-
216
44
298
333
116
107
143
137
21
10
16
20
25
133
97
66
188
216
69
611
648
165
250
311
254
33
25
30
36
42
225
200
130
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008
2007-2008

JUMLAH
107
1649
1782
3.431


5). Data Prestasi yang Diperoleh Siswa :
No
Nama
Sekolah / Madrasah
Nasio
nal
Prov.
Karesi-denan
Kab.
Kec
Ket.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
SD ISLAM 01
SD ISLAM 02
TK BATIK
SMP ISLAM
MTs YMI
MA YMI
MI YMI 01
MI YMI 02
MI YMI 03
RA 01 KAUM
RA 02 RWK. UTARA
RA 03 BLUMBANG
TK ISLAM
TK PUTON
SMA ISLAM
MI YMI 04
MI YMI 05
-
-
-
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
1
-
-
-
-
2
1
-
2
1
5
-
-
-
-
-
-
1
-
2
2
8
9
7
6
6
2
3
5
1
1
2
1
4
5
-
5
7
18
20
19
2
16
6
12
5
5
4
13
4
10
14
1
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008
2005-2008

JUMLAH
1
16
21
116
161



3. Struktur Organisasi YMI Wonopringgo Kab. Pekalongan
Struktur organisasi YMI dapat digambarkan dalam bagan berikut :

DEWAN PENGAWAS

SMA / MA

SMP / MTs

SD / MI

TK / RA

DEWAN PEMBINA

DEWAN PENGURUS
PENGAWAS PENDIDIKAN











· Dewan Pembina terdiri dari seorang ketua dan dua orang anggota
· Dewan Pengawas terdiri dari seorang ketua dan dua orang anggota
· Dewan Pengurus terdiri dari seorang ketua, seorang wakil ketua, seorang sekretaris, seorang wakil sekretaris, seorang bendahara dan seorang wakil bendahara serta tujuh orang anggota

4. Visi YMI
YMI memiliki visi mewujudkan generasi manusia yang berilmu, bertakwa, kreatif dan berahlaqul karimah.
5. Misi YMI
Adapun misi Yayasan Madrasah Islamiyah adalah :
1. Menyelenggarakan pendidikan agama dan pendidikan umum.
2. Mengembangkan dan menanamkan ajaran Agama Islam Ahlussunah wal jamaah melalui madrasah dan sekolah.
3. Meningkatkan kwalitas tenaga pengajar secara terprogram
4. Menjalin kerjasama dan pengabdian dalam peningkatan kesejahteraan rohaniyah dan jasmaniyah masyarakat.

D. VISI DAN MISI STIKAP PEKALONGAN
1. Visi
“Menjadikan STIKAP Pekalongan sebagai Perguruan Tinggi Islam yang berdaya, modern, mandiri dan berkualitas dalam memberikan layanan Pendidikan, Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bernafaskan Islam”.

2. Misi
a. Menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislaman, kematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
b. Mengembangkan ilmu–ilmu keislaman dan ilmu pengetahuan lain melalui pengkajian dan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan cakrawala pemikiran dan memberi kontribusi terhadap konsep – konsep pemberdayaan dan pengembangan masyarakat.
c. Memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui pengabdian alumni yang lebih profesional sesuai dengan tingkat perkembangan dan dinamika masyarakat.
E. KUALIFIKASI LULUSAN
Pada tahap awal pendirian Sekolah Tinggi Islam Ki Ageng Pekalongan (STIKAP) Pekalongan prioritas penyelenggaraan pendidikan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan islam yang berkualitas dan profesional serta tenaga profesional lain yang memerlukan keahlian di bidang hukum Islam (muamalah/Ekonomi Syariah). Hal ini karena di Wilayah Kabupaten Pekalongan meskipun terdapat banyak lembaga pendidikan baik umum maupun agama ( SD/MI : 645; SMP/MTs : 108; SMA/SMK/MA : 44 – sumber Diknas Kab. Pekalongan, 2009--) namun secara umum kualitas pendidikan Agama Islam masih belum memadahi, antara lain karena tenaga kependidikan dan guru belum memenuhi standar kualifikasi S1 sejumlah 1.838 orang tenaga kependidikan dan 6.473 orang guru– sumber Diknas Kab. Pekalongan, 2009--. Disamping itu masih sangat dibutuhkannya tenaga profesional dalam bidang hukum muamalah atau Ekonomi Syariah untuk memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan masyarakat maupun instansi pemerintah di lingkungan Departemen Agama, Pemerintah Daerah dan Lembaga Peradilan.
Oleh karena itu STIKAP Pekalongan akan membuka Program Studi Kependidikan Islam, dan Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah.
1. Tujuan Program Studi Kependidikan Islam :
a. Menyiapkan sarjana kependidikan Islam yang berkemampuan akademik dan profesional dalam bidang pengajaran dan pendidikan Islam.
b. Menyiapkan sarjana kependidikan Islam yang memiliki kreatifitas dan kemampuan mengembangkan pendidikan Islam pada jalur sekolah dan luar sekolah.
Tujuan tersebut dijabarkan dalam tujuan khusus :
a. Menguasai ilmu-ilmu kependidikan Islam dan pendidikan umum.
b. Mampu mengembangkan dan menerapkan teori-teori pendidikan Islam dalam praktek pengajaran di madrasah dan sekolah umum.
c. Mampu mengelola administrasi pendidikan.
d. Memiliki kepekaan teerhadap perkembangan sosial dan proaktif melakukan pembaharuan pendidikan Islam pada jalur sekolah formal dan non formal.
2. Kualifikasi Lulusan Program Studi Kependidikan Islam yang diharapkan adalah :
a. Beriman dan bertakwa kepada AllahSWT.
b. Berjiwa Pancasila dan UUD 1945.
c. Mampu mengelola lembaga kependidikan.
d. Berwawasan ilmu pengetahuan, teknologi dan iman takwa secara terpadu.
e. Mampu melaksanakan tugas kependidikan Islam secara profesional.
f. Mampu memecahkan persoalan kependidikan dan keagamaan Islam sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi .
g. Memiliki sikap proaktif dalam melakukan pebaharuan pendidikan pada jalur formal, non formal dan informal.
3. Peluang kerja Alumni Program Studi Kependidikan Islam antara lain :
a. Pimpinan/Administrator lembaga/ satuan pendidikan.
b. Tenaga kependidikan / Pendidik Islam yang profesional di berbagai lembaga pendidikan, khususnya di madrasah dan Sekolah dari tingkat dasar sampai dengan menengah.
c. Konsultan model dan metode pembelajaran Pendidikan Islam alternatif.
d. Peneliti di bidang Pendidikan dan keagamaan Islam.
4. Tujuan Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah :
a. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang berfikir dan bersikap mandiri, terbuka, tanggap terhadap kemajuan perkembangan hukum mu’amalah dan Ekonomi Syariah.
b. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang menguasai dasar-dasar ilmu mu’amalah/ekonomi sehingga mampu memahami, menjelaskan dan merumuskan permasalahan yang ada kaitannya dengan perkembangan hukum mu’amalah dan Ekonomi Syariah.
c. Menghasilkan sarjana hukum Islam yang menguasai dasar-dasar kerja secara profesional dalam penerapan mu’amalah/Ekonomi Syariah.
5. Kualifikasi lulusan Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah yang diharapkan adalah :
a. Beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.
b. Berjiwa Pancasila
c. Berwawasan ilmu pengetahuan, teknologi dan iman takwa secara terpadu.
d. Sarjana hukum Islam yang mampu menganalisis masalah-masalah dalam masyarakat terutama yang berhubungan dalam muamalah/Ekonomi Syariah.
e. Sarjana hukum Islam yang mempunyai kemampuan untuk menjadi wirausahawan dan profesi bisnis yang lain.
6. Peluang kerja Alumni Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah antara lain :

a. Pengelola dan konsultan BAZIS.
b. Konsultan dan Penyuluh pengembangan usaha ekonomi masyarakat.
c. Administrator/Akuntan Lembaga Ekonomi Syariah.
d. Peneliti di bidang muamalah/ekonomi umat

II. MANAJEMEN AKADEMIK
Al Qur’an bagi umat Islam adalah petunjuk segala kehidupan, tak terkecuali dalam mengembangkan organisasi pendidikan. Membangun kampus sama artinya dengan membangun orang, baik dari sisi karakter, perilaku, keilmuan maupun ketrampilan. Mengatur orang banyak ( dalam organisasi/lembaga pendidikan ) dengan berbagai sifatnya harus menggunakan pendekatan kemanusiaan. Sebab manusia selain memiliki potensi maslahah, sekaligus juga menyandang potensi sifat-sifat mafsadah. Kedua sifat yang berlawanan itu tidak akan dapat dihilangkan, oleh karena itu harus disalurkan pada hal-hal yang menguntungkan dalam penyelenggaraan pendidikan.
Selanjutnya harus dibedakan antara manajemen pengelolaan kampus dan manajemen pengembangan kampus. Manajemen pengelolaan kampus lebih tertuju pada penataan atau pengaturan terhadap seluruh kegiatan pelayanan pendidikan. Sedangkan manajemen pengembangan kampus lebih diarahkan pada upaya menumbuh-kembangkan kampus agar tahap demi tahap mengalami kemajuan.
STIKAP Pekalongan merupakan salah satu dari 18 buah satuan pendidikan yang dikelola oleh YMI yang memerlukan tatakelola yang berbeda, sesuai dengan karakteristik perguruan tinggi sebagai wahana Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Manajemen Pendidikan mengutamakan ke-bermakna-an hasil pendidikan bagi lulusannya. Manajemen Penelitian mengarah kepada manfaat dan ke-berlanjut-an. Manajemen Pengabdian Masyarakat harus berdampak positif terhadap kemajuan hidup dan kehidupan masyarakat sekitarnya.
Manajemen yang akan dikembangkan agar STIKAP Pekalongan tumbuh secara wajar, dinamis, dan terhindar dari hambatan psikologis harus menumbuh-kembangkan suasana kebersamaan, keterbukaan, tanggung jawab, akuntabilitas dan profesional. Sebagai lembaga pendidikan STIKAP Pekalongan memiliki peran dan tanggung jawab menumbuh-kembangkan mahasiswa yang penuh harap agar kelak menjadi manusia yang berkualitas berguna bagi masyarakat dan bangsanya. Sedemikian berat beban yang harus diemban oleh STIKAP Pekalongan, oleh karena itu lembaga ini harus menggalang kekuatan bersama untuk menyangga beban berat tersebut.
Sebagai langkah antisipatif untuk menjaga kebersamaan yang kukuh, STIKAP Pekalongan harus menjauhkan diri dari pengaruh atmosfir politik, sebab kampus bukan lembaga politik melainkan lembaga akademik. Oleh sebab itu usaha untuk menjaga keutuhan, kebersamaan dan partisipasi semua pihak dalam kehidupan kampus ini, harus ditempatkan pada posisi strategis yang tidak boleh diabaikan. Partisipasi semua pihak sebagai syarat agar STIKAP Pekalongan dapat tumbuh sehat, harus dikelola berdasarkan atas profesionalisme dan rasionalisme yang merupakan ciri khas perguruan tinggi. Sejalan dengan hal itu maka STIKAP Pekalongan sebagai perguruan tinggi harus dikelola dengan sistem manajemen secara modern bukan secara tradisional.

B. RENCANA PENGEMBANGAN STRATEGIS STIKAP PEKALONGAN
1. RENCANA PENGORGANISASIAN STIKAP PEKALONGAN
Dalam melaksanakan penyelenggaraan pendidikan yang optimal STIKAP Pekalongan harus mampu menyusun struktur organisasi yang jelas sehingga masing-masing dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
Bagan struktur organisasi STIKAP Pekalongan dapat dilihat pada halaman berikut.

BAGAN STRUKTUR ORGANISASI STIKAP PEKALONGAN


PUSAT ILMIAH DAN PENERBITAN (PIP)
SENAT STIKAP
PEMBANTU KETUA I
PEMBANTU KETUA III
ORGANISASI KEMAHASISWAAN

DOSEN / TENAGA
FUNGSIONAL
SUBAG.AKADEMIK
&
KEMAHASISWAAN

SUBAG. UMUM
SUBAG.
KEPEGAWAIAN DAN KEUANGAN
DEWAN PENYANTUN
KETUA
PUSAT SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (PUSIM)
PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
PUSAT PENGEMBANGAN PRAKTIKUM

PERPUSTAKAAN

UNIT LAYANAN BAHASA

BAGIAN ADMINISTRASI
PEMBANTU KETUA II
JURUSAN SYARI’AH/
PRODI MUAMALAH (EKONOMI SYARIAH)
JURUSAN TARBIYAH/
PRODI KEPENDIDIKAN ISLAM
MAHASISWA

Bagan struktur organisasi STIKAP Pekalongan dapat dijelaskan sebagai berikut :
Susunan organisasi STIKAP Pekalongan terdiri dari :
1. Dewan Penyantun;
2. Ketua dan Pembantu Ketua;
3. Senat;
4. Jurusan;
5. Dosen;
6. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M);
7. Pusat Pengembangan Sumber Belajar;
8. Bagian Administrasi;
9. Unsur Penunjang;
10. Unsur Kelengkapan Teknis.
Tugas Pokok
1. Dewan penyantun bertugas memberi saran/pertimbangan kepada pimpinan STIKAP Pekalongan dan membantu pengembangan STIKAP Pekalongan.
2. Ketua dan Pembantu Ketua
a. Ketua adalah pimpinan STIKAP Pekalongan yang mempunyai tugas pokok memimpin penyelenggaraan pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ketua mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan kebijakan dan memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina tenaga kepandidikan, mahasiswa, tenaga administrasi serta pelaksanaan pengawasan dan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan STIKAP Pekalongan.
b. Dalam melaksanakan tugas, ketua dibantu oleh 3 (tiga) orang pembantu ketua yang bertanggung jawab kepada ketua. Pembantu ketua terdiri dari : Pembantu Ketua Bidang Akademik; Pembantu Ketua Bidang Administrasi Umum; Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan. Yang masing-masing tugasnya diatur dalam statuta dan job description.
3. Senat merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi pada STIKAP Pekalongan.
Senat mempunyai tugas :
a. Merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan STIKAP Pekalongan;
b. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian civitas academica ;
c. Merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan STIKAP Pekalongan;
d. Memberikan pertimbangan dan persetujuan atas rencana anggaran pendapatan dan belanja yang diajukan ketua;
e. Menilai pertanggungjawaban pimpinan STIKAP Pekalongan atas pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan;
f. Merumuskan kebijakan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik dan otonomi keilmuan pada STIKAP Pekalongan;
g. Memberikan pertimbangan kepada yayasan berkenaan dengan calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi ketua, dan memberikan pertimbangan kepada ketua dalam pengangkatan pembantu ketua, dan dosen yang dicalonkan memangku jabatan akademik guru besar;
h. Memantau dan memberikan penilaian terhadap penegakan aturan/norma yang berlaku bagi civitas academica ;
i. Mengukuhkan pemberian gelar doktor dan doktor kehormatan di lingkungan STIKAP Pekalongan yang memenuhi persyaratan;
j. Merumuskan kebijakan pengembangan keilmuan dan kurikulum di STIKAP Pekalongan.

4. Jurusan dan Program Studi
a. Jurusan merupakan pelaksana akademik pada STIKAP Pekalongan yang menyelenggarakan Pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan dan seni yang bernafaskan Islam. Jurusan mempunyai tugas melaksanakan Pendidikan dan pengajaran pada program Pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu bagian atau satu cabang ilmu pengetahuan agama Islam.
b. Program studi adalah pelaksana akademik pada tingkat jurusan dalam disiplin ilmu tertentu.
5. Dosen adalah tenaga pendidik profesional di lingkungan jurusan dan bertanggung jawab kepada ketua. Dosen mempunyai tugas melaksanakan Pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian/ ilmunya serta memberikan bimbingan kepada para mahasiswa di dalam proses pendidikannya.
6. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang bernafaskan Islam.
7. Pusat Pengembangan Sumber Belajar (PSB) merupakan unsur pelaksana di lingkungan STIKAP Pekalongan untuk melaksanakan pengkajian dan pengembangan keilmuan. Pusat PSB mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan mengevaluasi kegiatan unit labolatorium, unit perpustakaan, dan studio.
8. Bagian Administrasi adalah satuan pelaksanaan administrasi, kepegawaian, bidang umum, akademik dan kemahasiswaan yang bertanggungjawab kepada ketua. Bagian administrasi mempunyai tugas menyelenggarakan layanan administrasi umum, kepegawaian & keuangan, akademik dan kemahasiswaan STIKAP Pekalongan.
Bagian administrasi terdiri dari : Sub bagian umum; Sub bagian Kepegawaian dan keuangan; Sub bagian Akademik dan kemahasiswaan;
· Sub bagian Umum mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana dan program kerja perlengkapan, kerumahtanggaan, kegiatan hubungan masyarakat dan tata usaha, dan melaksanakan pengelolaan perlengkapan, kerumahtanggaan, mengadakan kegiatan publikasi dan hubungan masyarakat, melaksanakan pengelolaan ketatausahaan, dan melaksanakan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan;
· Sub bagian kepegawaian dan keuangan mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana di bidang kepegawaian, keuangan dan inventaris kekayaan negara, dan melaksanakan administrasi pengadaan dan mutasi pegawai; melaksanakan administrasi pengembangan pegawai; kesejahteraan pegawai; melaksanakan pengelolaan keuangan dan inventaris kekayaan negara; menyusun anggaran; menyiapkan, mengolah, dan menyajikan data keuangan; dan melaksanakan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.
· Sub bagian Akademik dan Kemahasiswaan mempunyai tugas melakukan rencana dan program kerja; menyusun rencana konsep dan program akademik dan kemahasiswaan; melaksanakan registrasi dan herregistrasi mahasiswa; melaksanakan administrsi Pendidikan dan pengajaran; melaksanakan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; melaksanakan administrasi kegiatan kemahasiswaan; melaksanakan penilaian prestasi dan proses penyelenggaraan kegiatan serta penyusunan laporan.
9. Unsur Penunjang (Perpustakaan); perpustakaan adalah unsur penunjang STIKAP Pekalongan di bidang kepustakaan. Perpustakaan mempunyai tugas merencanakan pengembangan kepustakaan dan perpustakaan, mengadakan dan memberikan pelayanan bahan perpustakaan untuk keperluan Pendidikan, penelitian kepustakaan, mengadakan kerjasama antar perpustakaan, mengendalikan, mengevaluasi dan menyusun laporan kepustakaan.
10. Unsur Kelengkapan Teknis
a. Pusat Pengembangan Praktikum merupakan unsur pelaksana di lingkungan STIKAP Pekalongan yang menyelenggarakan praktik dan pengembangan.
b. Unit pelayanan bahasa merupakan unsur pelaksana di lingkungan STIKAP Pekalongan untuk menyelenggarakan pengembangan pengajaran bahasa (Arab, Inggris, dan Daerah) dan pengembangan belajar mengajar.
c. Pusat sistem informasi manajemen merupakan pelaksana teknis di lingkungan STIKAP Pekalongan yang mengelola informasi akademik, kemahasiswaan dan hubungan masyarakat.
d. Pusat ilmiah dan penerbitan merupakan unsur pelaksana teknis di lingkungan STIKAP Pekalongan yang mengelola penerbitan/jurnal ilmiah berbagai disiplin ilmu.
e. Unit Peningkatan Mutu Akademik adalah penunjang teknis di bidang peningkatan mutu akademik mahasiswa.
f. Unit peningkatan mutu akademik mempunyai tugas mengembangkan kurikulum STIKAP Pekalongan, mendesain proses belajar mengajar, meningkatkan kemampuan mengajar dosen, melakukan kajian tentang metode mengajar yang baru dan inovatif, dan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan upaya meningkatkan mutu akademik serta melakukan evaluasi kegiatan dan menyusun laporan kegiatan.




2. RENCANA PENGEMBANGAN STRATEGIS STIKAP PEKALONGAN
Sesuai dengan visi dan misi STIKAP Pekalongan dan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka rencana pengembangan strategis akan diarahkan pada :
1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran
a. Pengembangan Kurikulum dan Program Studi
b. Pengembangan proses belajar mengajar dan peningkatan prestasi dan sistem evaluasi belajar mahasiswa
c. Peningkatan kualitas dan pemberdayaan dosen
d. Peningkatan kualitas kegiatan ilmiah (diskusi, seminar yang aplikatif) dan penerbitan
e. Peningkatan standar pelayanan pendidikan
f. Penciptaan iklim dan budaya akademik di kampus
g. Pengembangan bidang keilmuan dan bahasa asing
h. Peningkatan kualitas calon mahasiswa
i. Peningkatan proporsi lulusan STIKAP Pekalongan yang terserap lapangan kerja
j. Peningkatan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi terkait
2. Bidang Penelitian
a. Pelatihan penelitian bagi dosen dan mahasiswa
b. Peningkatan kualitas dan kemampuan meneliti
c. Peningkatan kegiatan dan kualitas penelitian aplikatif
d. Seminar/lokakarya/workshop dan kajian pengembangan keilmuan bersama masyarakat
e. Penerbitan hasil penelitian
3. Bidang Pengabdian Masyarakat
a. Orientasi pelaksanaan KKN dan pengabdian masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna
b. Pembentukan dan Praktikum desa binaan
c. Penyuluhan keagamaan pada masyarakat
d. Praktek kerja lapangan di lingkungan industri dan pengusaha serta lembaga pendidikan
4. Pemberdayaan Kelembagaan STIKAP Pekalongan
a. Orientasi dan fungsionalisasi tugas pengelola
b. Peningkatan kualitas manajerial pimpinan dan staf
c. Peningkatan kemampuan SKA (Skill, Kompetensi, Attitude) staf
d. Peningkatan pengadaan sarana dan prasarana
e. Pengembangan kinerja kolektif dan teamwork
f. Sistem manajemen yang visioner, professional, terbuka dan akuntable
g. Peningkatan perluasaan sistem informasi dan komputerisasi dalam pelayanan
h. Penataan dan pengembangan organisasi dan kegiatan kemahasiswaan

Adapun rincian rencana pengembangan strategis dituangkan dalam rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang terlampir.

B. MANAJEMEN SUMBER DAYA
Pengembangan sumber daya ditekankan pada sumber daya manusia dan sarana prasarana. Untuk pengembangan sumber daya manusia, maka pengembangan tenaga pengelolaan meliputi tenaga administrasi dan tenaga akademik baik kuantitas maupun kualitas, mutlak diperlukan. Dengan demikian, pengelolaan administrasi, kegiatan akademik dan mutu lulusan yang dihasilkan terpelihara dan terus mengalami peningkatan.
Pengembangan ketenagaan ini akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pada masa mendatang dengan penekanan pada pengembangan tenaga tetap, baik edukatif maupun administratif. Untuk tenaga edukatif, selain dosen tetap yang diangkat oleh yayasan, juga dengan melibatkan tenaga-tenaga dosen tidak tetap dari perguruan tinggi lain dan tenaga ahli dari lembaga lain.
Untuk pengembangan sarana prasarana diarahkan pada pemenuhan kebutuhan pelayanan administrasi akademik dan perkuliahan serta kegiatan Tri dharma perguruan tinggi

C. MANAJEMEN MUTU AKADEMIK
Manajemen mutu Akademik yang akan dilakukan STIKAP Pekalongan merupakan pemantapan dan pengembangan sistem pendidikan perguruan tinggi saat ini, terutama yang berhubungan dengan program pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
Beberapa hal penting dalam pengembangan mutu akademik ini meliputi penerapan sistem SKS yang telah dibakukan, kurikulum standar Nasional dan Kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
Kerangka dasar Manajemen mutu akademik yang akan dilakasanakan antara lain dalam bentuk :
1. Peningkatan dan pengembangan mutu dosen
2. Pengembangan kurikulum & program studi
3. Pengembangan sistem dan metode proses belajar mengajar
4. Peningkatan kualitas kegiatan diskusi, seminar dan kegiatan– kegiatan ilmiah yang lain.
5. Peningkatan standar mutu pelayanan pendidikan
6. Penciptaan iklim dan budaya akademik di kampus
7. Pengembangan bidang keilmuan dan bahasa asing
8. Peningkatan kualitas calon mahasiswa
9. Peningkatan proporsi lulusan STIKAP Pekalongan yang terserap lapangan kerja

D. DUKUNGAN KERJASAMA
Dalam pengembangan mutu manajemen akademik STIKAP Pekalongan akan menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di Pekalongan. Dukungan kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerjasama dalam bidang :
1. Kerjasama tenaga pengajar ( dosen ).
2. Kerjasama pengembangan tenaga pengajar ( dosen ).
3. Kerjasama pendidikan dan pelatihan tenaga pengajar ( dosen ), penelitian dan pengabdian masyarakat
4. Kerjasama perpustakaan
Di samping itu STIKAP Pekalongan akan menjalin hubungan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan dan beberapa instansi/lembaga lain, khususnya dalam rangka menunjang kegiatan tri dharma perguruan tinggi

III. PENDANAAN
Untuk kelancaran penyelenggaraan dan pengelolaan STIKAP Pekalongan, maka mutlak diperlukan biaya untuk kebutuhan dana awal, dana operasional dan pemeliharaan serta kebutuhan dana lainnya dalam bentuk dana investasi, dana operasional dan pemeliharaan, penerimaan internal dan eksternal serta sistem pengelolaan keuangan..
A. DANA INVESTASI
Modal awal yang dimiliki oleh Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) sebagai pendiri STIKAP Pekalongan yang dapat digunakan sebagai dana investasi antara lain :
a. Tanah seluas 50.655 m2, telah dibangun 38.400 m2, lahan kosong 12.255 m2
b. Gedung 23 unit = 60 ruang lengkap dengan meubelair.
c. Fasilitas/sarana prasarana lain
Adapun kebutuhan dana untuk investasi pada tahap awal ( jangka 3 sd 5 tahun ) kurang lebih sebesar Rp 15.000.000.000,- ( lima belas milyar rupiah ) yang diperuntukkaan antara lain :
a. Pembangunan gedung perkuliahan 3 lantai
b. Pembangunan gedung perkantoran 3 lantai
c. Pemenuhan prasarana akademik
d. Pemenuhan prasarana penunjang akademik

B. DANA OPERASIONAL DAN PEMELIHARAAN
Guna menunjang kegiatan operasional dan pemeliharaan, Yayasan Madrasah Islamiyah ( YMI ) telah menyiapkan dana sebesar Rp. 600.000.000,- ( enam ratus juta rupiah ) untuk dua program studi sebagai dana cadangan yang tersimpan dalam rekening bank (copy buku bank terlampir).
Pendanaan operasional lebih diprioritaskan dalam rangka menjamin pelaksanaan proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan optimal. Adapun bentuk penggunaan dana operasional dan pemeliharaan antara lain meliputi :
1. Gaji dosen tetap dan tenaga kependidikan perhitungan tiap bulan
2. Gaji tetap Pengelola perhitungan tiap bulan
3. Honor mengajar dosen tidak tetap perhitungan tiap pertemuan
4. Pengadaan alat dan bahan perkuliahan perhitungan tiap bulan/tahun
5. Belanja alat tulis kantor dan rumah tangga kampus perhitungan tiap
6. Kesejahteraan pegawai perhitungan tiap bulan/tahun
7. Transport perjalanan dinas perhitungan tiap kegiatan
8. Pembinaan kemahasiswaan perhitungan tiap kegiatan
9. Belanja perawatan dan pemeliharaan perhitungan tiap bulan/tahun

C. penerimaan internal
Penerimaan internal bersumber dari :
1. Sumbangan Pendidikan mahasiswa meliputi :
a. Biaya pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru
b. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) per semester
c. Beban SKS per semester
d. Biaya praktikum per semester
e. Biaya kegiatan kemahasiswaan per semester
f. Sumbangan perpustakaan tiap akhir pendidikan (lulus)
g. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) tiap mahasiswa baru
2. Subsidi Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) dari dana cadangan
D. PENERIMAAN eksternal
Dalam rangka pengembangan STIKAP Pekalongan secara berkelanjutan Penerimaan eksternal bersumber dari :
1. Pemerintah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan
2. Sumbangan-sumbangan lain yang tidak mengikat meliputi :
a. Donatur tetap ( aghniya’ )
b. Sponsor
c. Donasi insidentil

e. sistEm pengelolaan keuangan
Pengelolaan keuangan STIKAP Pekalongan mengikuti pola umum pengelolaan keuangan publik dengan prinsip keadilan, kecukupan dan berkelanjutan. Mekanisme pengelolaannya menggunakan anggaran berimbang, transparan, akuntabilitas. Dalam perencanaan penggunaan keuangan, setiap tahun akademik dilaksanakan penyusunan anggaran yang bersifat partisipatif dan terbuka, yang disusun dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja.

PROYEKSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN DANA
A. PROYEKSI PENERIMAAN Dana

No
Uraian
Tahun 2009/2010
1.
Biaya Pendaftaran dan seleksi
75.000,-
2.
SPP Mahasiswa tiap Semester
400.000,-
3.
Beban Studi tiap SKS
25.000,-
4.
Sumbangan Pengembangan Institusi satu kali selama kuliah
1.000.000,-
5.
Subsidi Yayasan dari Dana Cadangan

Catatan : setiap tahun naik 10 % ( asumsi kenaikan pertahun 10 % )

B. PROYEKSI PENGELUARAN DANA

No
Uraian
Tahun 2009/2010
1
Honor mengajar dosen tidak tetap tiap pertemuan
100.000,-
2
Gaji dosen tetap tiap bulan (setara 12 SKS)
1.500.000,-
3
Gaji tenaga kependidikan tiap bulan
750.000,-
4
Insentif Ketua STIKAP Pekalongan tiap bulan
1.500.000,-
5
Insentif Pembantu Ketua tiap bulan
900.000,-
6
Insentif Ketua Program Studi tiap bulan
750.000,-
7
Pengadaan alat dan bahan perkuliahan tiap bulan
500.000,-
8
Belanja alat tulis kantor dan rumah tangga kampus tiap bulan
500.000,-
9
Kesejahteraan pegawai tiap tahun
200.000,-
10
Transport perjalanan dinas luar kota tiap kegiatan
300.000,-
11
Transport perjalanan dinas dalam kota tiap kegiatan
100.000,-
12
Pembinaan kemahasiswaan tiap kegiatan
300.000,-
13
Belanja perawatan dan pemeliharaan tiap bulan
250.000,-
14
Beban Daya dan Jasa tiap bulan
300.000,-
RENCANA ANGGARAN PENERIMAAN DAN BELANJA
STIKAP PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2009/2010

A. Penerimaan

No
Uraian
Perhitungan
Jumlah (Rp.)
1
Biaya Pendaftaran
60 mhs x Rp. 75.000,-
4.500.000
2
Iuran SPP Mahasiswa
60 mhs x 2 smt x Rp. 400.000,-
48.000.000
3
Beban SKS
60 mhs x 2 smt x 20 sks x 25.000,-
60.000.000
4
Sumbangan Pengembangan
60 mhs x Rp. 1.000.000,-
60.000.000
5
Subsidi Yayasan
Untuk menutup pengeluaran
0
Jumlah seluruh
172.500.000


B. Pengeluaran

No
Uraian
Perhitungan
Jumlah (Rp.)
1
Honor mengajar dosen tidak tetap
8 mk x 2 smt x 16 ptm x 100.000,-
28.800.000
2
Gaji dosen tetap
2 or x 12 bl x Rp. 1.500.000,-
36.000.000
3
Gaji tenaga kependidikan
3 or x 12 bl x Rp. 750.000,-
27.000.000
4
Insentif Ketua STIKAP Pekalongan
1 or x 12 bl x Rp 1.500.000,-
18.000.000
5
Insentif Pembantu Ketua
1 or x 12 bl x Rp. 900.000,-
10.800.000
6
Insentif Ketua Program Studi
2 or x 12 bl x Rp. 750.000,-
18.000.000
7
Pengadaan alat dan bahan
12 bl x Rp. 500.000,-
6.000.000
8
Belanja ATKdan RTK
12 bl x Rp. 500.000,-
6.000.000
9
Kesejahteraan pegawai
17 or x Rp. 200.000,-
3.400.000
10
Transport perjalanan dinas luar kota
12 keg x Rp. 300.000,-
3.600.000
11
Transport perjalanan dinas dlm kota
47 keg x Rp. 100.000,-
4.700.000
12
Pembinaan kemahasiswaan
12 Keg x Rp. 300.000,-
3.600.000
13
Belanja perawatan / pemeliharaan
12 bl x Rp. 250.000,-
3.000.000
14
Beban Daya dan Jasa
12 bl x Rp. 300.000,-
3.600.000
Jumlah seluruh
172.500.000
Asumsi :
1. Dalam satu semester rata-rata 8 mata kuliah dan/atau 20 SKS
2. Dalam satu semester terdapat 16 minggu efektif dan/atau pertemuan
3. Dalam satu Rombel dan/atau Prodi membina 30 mahasiswa
4. Perhitungan RAPB di atas berbasis satu Rombel pada dua Prodi yang ada


IV. SUMBER DAYA
A. TENAGA PENDIDIK
Untuk mendukung terselenggaranya pendidikan yang berkualitas dan memenuhi persyaratan standar, maka Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) Wonopringgo Pekalongan telah merekrut tenaga pendidik ( dosen ) yang memiliki kualifikasi akademik dari berbagai disiplin ilmu yang sesuai dengan kebutuhan Prodi Kependidikan Islam dan Prodi Muamalah/Ekonomi Syariah.
1. Prodi Kependidikan Islam :
a. Dosen Tetap : 7 orang magister
b. Dosen Tidak Tetap : 6 orang magister (tambahan menyusul)
2. Prodi Mumalah/Ekonomi Syariah :
a. Dosen Tetap : 7 orang magister
b. Dosen Tidak Tetap : 6 orang magister (tambahan menyusul)
3. Tenaga Kependidikan dan penunjang akademik
a. Tenaga administrasi : 6 orang
b. Pustakawan : 1 orang
c. Laboran : 1 orang
DAFTAR DOSEN TETAP
PROGRAM STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN ( STIKAP ) PEKALONGAN

No.
Nama Dosen
Tempat, Tgl. Lahir
Pendidikan tertinggi dan asal
Bidang Keahlian
Mata Kuliah yang diajarkan
1
2
3
4
5
6

1.
Coyo Hudi Susilo, SAg.,M.MPd.
Pekalongan,
14 April 1970
Magister Manajemen Pendidikan IMNI Jakarta
Manajemen Pendidikan
Ilmu Akhlak & Fiqih 1
2.
Esti Zaduqisty,
Pekalongan
17 Desember 1977
Magister Psikologi UGM Yogyakarta
Psikologi
Psikologi Agama & Sosiologi Pendidikan

3.
Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Batang
28 Agustus 1962
Magister Pendidikan UNNES Semarang
Manajemen Pendidikan
Ilmu Sosial, Metodologi Penelitian

4.
Giyanto, S.Pd. M.Pd.
Pemalang,
15 April 1975
Magister Studi Islam UNISMA Malang
Manajemen Pendidikan
Ilmu Pendidikan Islam &
Psikologi Pendidikan
5.
Inun Fitriyani, S.Pd., M.Si.
Banyuwangi,
17 Oktober 1976
Magister Sains
UGM Yogyakarta
Matematika dan IPA
Matematika, IAD & Ulumul Hadits

6.
Drs. Sumadi, M.Pd.
Sukoharjo
24 Desember 1956
Magister Pendidikan Unnes Semarang
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Pengembangan Kurikulum,
IPS Dasar, IBD

7.
Muhammad Romli, S. Pd.I., M.S.I.
Pekalongan,
24 Januari 1980
Magister Studi Islam IAIN Walisongo
Ilmu Agama Islam
Ilmu Mantiq & Dirosah (MSI)











DAFTAR DOSEN TIDAK TETAP
PROGRAM STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM
SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN ( STIKAP ) PEKALONGAN

No.
Nama Dosen
Tempat, Tgl. Lahir
Pendidikan tertinggi dan asal
Bidang Keahlian
Mata Kuliah yang diajarkan
1
2
3
4
5
6

8.
Paizin, S.Ag. M.S.I.
Pemalang,
22 september 1963
Magister Studi Islam UII Yogyakarta
Pendidikan Islam
Metode Penelitian Pendidikan (MPP) & MPP

9.
Drs.H. Muslikh, M.S.I.
Pekalongan,
14 Oktober 1965
Magister Studi Islam IAIN Walisongo
Ilmu Agama Islam
Pendidikan Agama Islam, Bahasa Inggris
10.
Suwito, S.Pd, M.MPd
Pekalongan
8 April 1972
Magister Manajemen Pendidikan IMNI Jakarta
Manajemen Pendidikan
Bahasa Inggris Manajemen Pendidikan
11.
Drs. Bahrun Rosyid, M..MPd
Pemalang
3 April 1965
Magister Manajemen Pendidikan IMNI Jakarta
Manajemen Pendidikan
Ushl Fiqh & Sosiologi Pendidikan

12.
Amat Masrur, S. Pd. M. MPd.
Pekalongan
22 april 1964
Magister Manajemen Pendidikan IMNI Jakarta
Manajemen Pendidikan
Bahasa Indonesia & SBM

13.
Dodhy Harjinto, SH.,M. MPd.
Pekalongan
16 Juni 1962
Magister Manajemen Pendidikan IMNI Jakarta
Manajemen Pendidikan
Evaluasi Pendidikan & Telaah Materi di MTs/MA








DAFTAR DOSEN TETAP
PROGRAM STUDI MU’AMALAH/EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN ( STIKAP ) PEKALONGAN

No.
Nama Dosen
Tempat, Tgl. Lahir
Pendidikan tertinggi dan asal
Bidang Keahlian
Mata Kuliah yang diajarkan
1
2
3
4
5
6

1.
Drs. H. Rozikin Daman, M.Ag
Bumiayu,
23 Januari 1944
Magister Agama
Hukum Politik Islam
Hukum Tata Negara, Sosiologi Hukum

2.
Drs. Achmad Kuzari, MA
Pekalongan,
8 Agustus 1938
Magster Hukum Islam
IAIN Sunan Kalijogo
Hukum Islam
Fiqih Mu’amalah, Ayat dan Hadist Ekonomi

3.
Drs. H. Bisri Romli, MM
Pekalongan,
5 Juli 1955
Magister Manajemen Unsoed Purwokerto
Manajemen Sumber Daya Manusia
Perilaku Organisasi Manajemen Bisnis

4.
Dra. Siti Masruroh, M.Si
Pekalongan
6 September 1968
Magister Sains
Unsoed Purwokerto
Ekonomi Manajemen
Bahasa Inggris, Manajemen Ekonomi

5.
Drs. H. Muzaki, MM
Pekalongan
12 September 1957
Magister Manajemen STIE Mitra Indonesia
Manajemen Sumber Daya Manusia
Pengantar Manajemen Statistika, IPA Dasar
6.
Tamamudin, SE, MM
Pekalongan
30 Oktober 1979
Magister Manajemen Undip Semarang
Manajemen Keuangan
Ilmu Ekonomi, Makro,
Pngantar Bisnis, Mikro

7.
Drs. Syamsul Falah, M.H
Pekalongan,
21 Oktober 1966
Magister Ilmu Hukum
Hukum Perdata
Fiqih Mawaris, Ushul Fiqih, Ulumul Hadist











DAFTAR DOSEN TISDAK TETAP
PROGRAM STUDI MU’AMALAH/EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI ISLAM KI AGENG PEKALONGAN ( STIKAP ) PEKALONGAN

No.
Nama Dosen
Tempat, Tgl. Lahir
Pendidikan tertinggi dan asal
Bidang Keahlian
Mata Kuliah yang diajarkan
1
2
3
4
5
6

8.
Drs. H. Untung Subiyakto, M.H
Pekalongan,
17 Desember 1951
Magister Ilmu Hukum STIH IBLAM JKT
Hukum Bisnis
Hukum Perbankan, Ekonomi Islam

9.
Drs. H. Sodikin, M.Si
Pekalongan
24 April 1961
Magister Sains
Undar Jombang
Ekonomi Pembangunan
Civic Hukum, Manajemen strategik

10.
Zahro, SE, Msi
Pekalongan,
14 Februari 1971
Magister Sains
Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan, Akuntansi

11.
Drs. Kasiman M. Deski, M.Ag
Mbarung,
9 Septembr 1971
Magister Hukum Islam IAIN Walisongo
Hukum Islam
Fiqih Zakat, Pemikiran Hukum Islam

12.
Andi Kushermanto, SE, MM.
Pekalongan,
28 Oktober 1973
Magister Manajemen UGM Yogyakarta
Manajemen Keuangan
Ilmu Tasawuf & Fiqih

13.
Drs.H.A.Anwarul Chur SH,MH.
Semarang,
19 Novmber 1953
Magister Hukum STIH IBLAM Jakarta
Hukum Bisnis
Hukum Islam, Fiqih Mu’amalah, Tafsir












B. SARANA DAN PRASARANA
Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) sebagai pendiri STIKAP Pekalongan memiliki investasi antara lain :
a. Tanah seluas 50.655 m2, telah dibangun 38.400 m2, lahan kosong 12.255 m2
b. Gedung 23 unit = 60 ruang lengkap dengan meubelair.
c. Fasilitas/sarana prasarana lain
Gedung perkuliahan dipersiapkan berupa bangunan berlantai dua terdiri atas enam lokal. Untuk tahap awal/sementara memakai gedung MA YMI yang terletak di kampus/komplek Pendidikan YMI Wonopringgo Jalan Raya Simpang Tiga Sedayu Wonopringgo Pekalongan, dan merupakan wilayah strategis yang berada pada jalur angkutan umum Pekalongan ke Kajen ( Ibu Kota Kab. Pekalongan ).
1. Prasarana
STIKAP PEKALONGAN untuk sementara ini memanfaatkan/memakai beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh MA YMI sebagaimana daftar dibawah ini :
JENIS PRASARANA
SATUAN
JUMLAH
KET
A. Sarana dan Prasarana



Musholla
Buah
1

Ruang kuliah
Buah
6

Ruang dosen
Buah
1

Ruang seminar
Buah
1

Ruang laboratorium
Buah
1

Ruang perpustakaan
Buah
1

Lab komputer
Buah
1

Faslitas tehnologi informasi
Buah
1

Peralatan laboratorium
Buah
1

Buku-buku perpustakaan
Buah
230

B. Fasilitas Pendukung



Ruang administrasi
Buah
1

C. Peralatan Pendukung admisistrasi



Almari Kayu
Buah
3

Meja kursi
Unit
2

Telpon
Unit
1





Listrik
Watt
900

Komputer
Unit
5

D. Alat Bantu KBM/Peraga



Pengeras Suara
Unit
1

Wearless
Unit
2

Radio, Tape Recorder, TV
Unit
1

Laptop
Unit
1

OHP
Unit
1

LCD
Unit
1

E. Alat Transportasi



Kendaraan Roda Empat
Unit
Belum

Kendaraan Roda Dua
Unit
Belum



2. Prasarana Penunjang
Agar fungsi dan tujuan pendirian sekolah tinggi dapat terselenggara dengan baik, maka STIKAP Pekalongan dilengkapi dengan perpustakaan. Kehadiran perpustakaan tidak saja sebagai sarana pendukung kegiatan belajar mengajar kearah pengembangan profesionaliosme mahasiswa, tetapi juga sangat berperan sebagai sarana untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan wawasan, pengembangan sikap serta ketrampilan melalui pemberdayaan koleksi buku dan kitab yang tersedia.
Untuk mewujudkan fungsi perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi, serta penunjang riset/penelitian, maka perpustrakaan perlu dikembangkan baik dari sisi mutu pelayanan koleksi buku, sarana yang tersedia maupun aspek administrasi.
Perpustakaan harus menempatkan posisi sebagai pusat informasi dan pusat sumber belajar (Learning Research Center) yang betul-betul menopang dan memperlancar program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu pengelola STIKAP Pekalongan akan membangun kerjasama dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya.
Adapun perpustakaan yang tersedia, antara lain :

NO
JENIS BUKU
JUMLAH
KETR.
Judul
eks
1.
Umum
30
73

2.
Agama
52
105

3.
Buku/Kitab berbahasa Arab
5
12

4.
Buku berbahasa Inggris
3
3

5.
Majalah dan lain-lain



Jumlah
160
677


Sesuai rencana pengembangan STIKAP Pekalongan menjadi sebuah Universitas, maka pengembangan perpustakaan direncanakan mengacu kearah perpustakaan Universitas yang mampu melayani mahasiswa dan penggunaannya dari berbagai disiplin ilmu dan jurusan/program studi yang ada. Oleh sebab itu, pengembangan jangka panjang dan terencana dan bertahap akan dilaksanakan sebagai berikut :

a) Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana perpustakaan yang memadai sesuai dengan perkembangan yang dicapai dan mahasiswa/masyarakat pemakai.
b) Penyediaan ruang baca yang dapat mencakupi kebutuhan pemakai, terutama mahasiswa.
c) Penambahan bahan koleksi, baik secara material maupun kualitas yang dapat menunjang kebutuhan mahasiswa/masyarakat pemakai.
d) Penataan dan penyempurnaan sistem pelayanan.
e) Melakukan kerjasama dengan perpustakaan daerah Pekalongan dan perpustakaan perguruan tinggi lainnya.
3. Non Fisik
Adapun dukungan dan bantuan riil berbagai elemen masyarakat dalam upaya mendirikan dan menyelenggarakan STIKAP PEKALONGAN, antara lain :
o Kesediaan dosen dari STAIN Pekalongan dan Universitas Pekalongan.
o Dukungan moral dari para Ulama dan Tokoh masyarakat di Kabupaten dan Kota Pekaongan
o Dukungan para Alumni YMI yang cukup banyak dan tersebar diberbagai bidang profesi baik di instansi Pemerintah maupun swasta
o Dukungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan
Di samping itu, sikap dan minat masyarakat di eks Karisidenan Pekalongan pada umumnya dan Kabupaten/Kota Pekalongan khususnya sangat tinggi animonya untuk menuntut ilmu di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Madrasah Islamiyah ( YMI ) Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

V. KURIKULUM
Pekalongan dikenal sebagai kota santri dan sekaligus kota batik & industri tekstil. Sebagai kota santri, Pekalongan mempunyai alumnus pondok pesantren yang sangat banyak, baik dari luar maupun dari daerah pekalongan sendiri, mengingat di pekalongan terdapat berpuluh pondok pesantren besar.
Sebagai kota batik/industri tekstil, Pekalongan terkenal dengan industri batik dan tekstilnya disamping sebagai kota perdagangan yang didukung oleh koperasi dan lenbaga keuangan yang bertebaran di seluruh pelosok Pekalongan
Pekalongan dengan spesifikasi tersebut di atas memerlukan tenaga-tenaga terampil di bidang kependidikan islam dan di bidang Mu’amalah/Ekonomi Syaria’ah yang dapat bertindak juga selaku pengelola pendidikan dan wirausahawan islami serta sumber daya insani santri yangkuat beragama islam
Atas dasar uraian paparan tersebut di atas dan mengacu pada Keputusan Dirjen Kelembagaan Islam, maka Kurikulum Program Studi Kependidikan Islam dan Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syaria’ah pada Sekolah Tinggi Islam Ki Ageng Pekalongan untuk Program Strata Satu (S1) disusun sebagai berikut :
A. PROGRAM STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM
1. KOMPETENSI
PROGRAM STUDI KEPENDIDIKAN ISLAM

KOMPETENSI LULUSAN
SUB KOMPETENSI LULUSAN

1. Memiliki pengetahuan tentang konsep pendidikan Islam

· Mendeskripsikan dan menganalis filsafat pendidikan Islam
· Mendeskripsikan dan menganalis prinsip-prinsip pendidikan Islam
· Mendeskripsikan dan menganalis sejarah perkembangan pemikiran pendidikan Islam

· Mendeskripsikan dan menganalis sejarah perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam


2. Memiliki pengetahuan tentang teori dan metodologi dalam pendidikan

· Mendeskripsikan dan menganalis filsafat pendidikan
· Mendeskripsikan dan menganalis teori-teori pendidikan
· Mendeskripsikan metodologi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, media, dan evaluasi


3. Memiliki pengetahuan tentang pengelolaan pendidikan Islam

· Mendeskripsikan unsur-unsur manajemn pendidikan
· Mendeskripsikan unsur-unsur supervisi pendidikan
· Mendeskripsikan unsur-unsur administrasi pendidikan


4. Terampil menjelaskan dan mengelola pendidikan Islam

· Terampil menjelaskan konsep-konsep pendidikan Islam
· Terampil melakukan penelitian dibidang pendidikan Islam
· Terampil melaksanakan administrasi akademik dan keuangan
· Terampil melaksanakan administrasi personalia dan kesiswaan/kemahasiswaan


5. Memiliki komitmen keberagamaan dan keilmuan dibidang kependidikan Islam

· Berkepribadian sarjana muslim di bidang kependidikan Islam
· Memiliki sikap terbuka, profesional dan gairah pengembangan keilmuan dalam kependidikan Islam



2. STRUKTUR PROGRAM DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH
Program Studi Kependidikan Islam

SEMESTER I
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 116
ISD,IBD, IAD
2
MPK
2.
ST 108
Bhs. Inggris 1
2
MPK
3.
ST 104
Bhs. Arab 1
2
MPK
4.
ST 204
Ilmu Kalam
2
MKK
5.
ST 206
Filsafat Umum
2
MPK
6.
ST 210
Sejarah Peradaban Islam
3
MKK
7.
ST 701
Pendidikan Akhlak
2
MPB
8.
TA 707
Psikologi Umum
2
MKK
9.
ST 106
Ilmu Pendidikan
2
MPK
10.
ST 301
Fiqih
2
MKK


JUMLAH SKS
21


SEMESTER II
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 102
Civic Education
2
MPK
2.
ST 113
Bhs. Inggris 2
2
MPK
3.
ST 114
Bhs. Arab 2
2
MPK
4.
ST 105
Bhs. Indonesia
2
MPK
5.
ST 107
MSI
3
MKK
6.
ST 203
Ulumul Qur’an
3
MKK
7.
ST 202
Ulumul Hadits
3
MKK
8.
ST 714
Dasar-dasar Administrasi
2
MKK
9.
ST 205
Ilmu Tasawuf
2
MKK


JUMLAH SKS
21


SEMESTER III
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
TA 701
Filsafat Pendidikan Islam
2
MKB
2.
TA 702
Media Pengajaran
2
MKB
3.
ST 201
Ushul Fiqih
3
MKK
4.
TA 723
Tafsir Tarbawi
2
MKB
5.
ST 702
Filsafat Islam
3
MKK
6.
ST 703
Pendidikan Ibadah
3
MKK
7.
TA 708
Psikologi Agama Islam
3
MKB
8.
TA 711
Sejarah Pendidikan Islam
3
MKK
9.
TA 724
Hadits Tarbawi
2
MKB


JUMLAH SKS
23


SEMESTER IV
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
TA 401
Ilmu Pendidikan Islam
3
MPK
2.
ST 123
Pendidikan Berbasis Masyarakat
2
MPK
3.
ST 124
Manajemen Berbasis Sekolah
2
MPK
4.
PA 511
Psikologi Pendidikan
3
MKB
5.
TA 217
Metodologi Penelititan Dasar
2
MKK
6.
TA 733
Pendidikan Tafsir
2
MKB
7.
TA 734
Pendidkan Hadits
2
MKB
8.
PA 502
Perencanaan Pendidikan
3
MKB
9.
ST 704
Administrasi Perkantoran
3
MPB


JUMLAH SKS
22


SEMESTER V
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 724
Administrasi Sekolah
2
MPB
2.
TA 703
Bimbingan & Penyuluhan
2
MKB
3.
TA 704
Strategi Belajar Mengajar
2
MKB
4.
PA 503
Pengembangan Kurikulum
3
MKB
5.
ST 713
Manajemen Pendidikan
2
MKB
6.
TA 710
Akreditasi Pendidikan
2
MBB
7.
PA 515
Perencanaan Pengajaran
3
MKB
8.
TA 719
Sosiologi Pendidikan
2
MBB
9.
KOM 801
Informatika Komputer
3
MPB


JUMLAH SKS
21


SEMESTER VI
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
PA 602
Micro Teaching
2
MBB
2.
PA 507
Evaluasi Pendidikan
3
MKB
3.
TA 705
Metode Penelitian
2
MKB
4.
TA 716
Studi Tokoh Pendidikan & Kawasan
3
MPB
5.
PA 516
Manajemen Sarana Prasarana
3
MKB
6.
ST 729
Hubungan Sekolah & Masyarakat
2
MBB
7.
ST 723
Masailul Fiqhiyah
2
MBB
8.
PA 505
Statistika Pendidikan
3
MKK


JUMLAH SKS
20


SEMESTER VII
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 728
Kewirausahaan
2
MBB
2.
TA 705
Manajemen Mutu Pendidikan
2
MBB
3.
ST 706
Manajemen SDM
2
MKB
4.
ST 707
Manajemen Keuangan
3
MKB
5.
ST 714
Ilmu Mantiq
2
MPB


JUMLAH SKS
11


SEMESTER VIII
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
PA 601
PPL
4
MBB
2.
ST 730
KKN
4
MBB
3.
TA 601
Skripsi
6
MPB


JUMLAH SKS
14



3. BEBAN STUDI
Beban studi mahasiswa untuk menyelesaikan program sarjana ( S1 ) Program studi Kependidikan Islam harus menyelesaikan beban studi 153 SKS, terdiri dari :
MPK : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian : 24 SKS
MKK : Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan : 39 SKS
MKB : Mata Kuliah Keahlian Berkarya : 46 SKS
MPB : Mata Kuliah Perilaku Berkarya : 22 SKS
MBB : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat : 22 SKS
Jumlah : 153 SKS

4. PROSPEK PEKERJAAN
Program Studi Kependidikan Islam memiliki peluang kerja yang sangat luas antara lain :

a. Sebagai Pendidik/guru Pendidikan Agama Islam yang profesional di berbagai lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan Islam.
b. Sebagai Konsultan model-model pembelajaran Pendidikan Agama Islam alternatif.
c. Sebagai Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam.


5. SILABUS
Silabus mata kuliah terlampir


B. PROGRAM STUDI MU’AMALAH/EKONOMI SYARIAH
1. KOMPETENSI
PROGRAM STUDI MU’AMALAH/EKONOMI SYARIAH

KOMPETENSI LULUSAN
SUB KOMPETENSI LULUSAN

1. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar metodologi dan kaedah-kaedah hukum Islam

· Mendeskripsikan dan menganalisis dasar-dasar hukum Islam
· Mendeskripsikan Ushul Fiqih : sumber-sumber hukum Islam
· Mendeskripsikan qawaid fiqhiyah
· Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah perkembangan ushul fiqih dan qawaid fiqhiyah




2. Memiliki pengetahuan secara komprehensif tentang muamalah / eknomi Syariah

· Mendeskripsikan dan menganalisis hukum-hukum Muamalah dengan dalil-dalinya
· Mendeskripsikan tentang dalil-dalil/ayat dan hadits ekonomi Islam.
· Mendeskripsikan dan menganalisis hukum-hukum zakat dengan dalil-dalilnya
· Mendeskripsikan dan menganalisis hukum-hukum perikatan dalam Islam dengan dalil-dalilnya
· Mendeskripsikan dan menganalisis hukum pajak dalam Islam dengan dalil-dalilnya
· Mendeskripsikan dan menganalisis hukum –hukum riba dalam Islam


3. Memiliki pengetahuan tentang hukum bisnis Islam

· Mendeskripsikan dan menganalisis etika bisnis dalam Islam
· Mendeskripsikan dan menganalisis kewirausahaan dalam Islam
· Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah perkembangan hukum bisnis Islam
· Mendeskripsikan dan menganalisis aktualisasi hukum bisnis Islam masa kini


4. Memiliki pengetahuan tentang ekonomi islam

· Mendeskripsikan prinsip-prinsip ekonomi islam
· Mendeskripsikan teori-teori makro ekonomi islam
· Mendeskripsikan teori-teori mikro ekonomi islam
· Mendeskripsikan dan menganalisis lembaga keuangan Islam
· Mendeskripsikan dan menganalisis sejarah pemikiran ekonomi islam

5. Memiliki pengetahuan penunjang untuk kajian mu’amalah
· Mendeskripsikan pengetahuan dasar tentang ekonomi.
· Mendeskripsikan pengetahuan dasar tentang manajemen perusahaan
· Mendeskripsikan dan menganalisis sistim hukum dagang, pajak dan perikatan di Indonesia
· Mendeskripsikan dan menganalisis sistim ekonomi di Indonesia
· Medeskripsikan pengetahuan manajemen keuangan dan akuntansi

6. Terampil menjelaskan hukum bisnis dan ekonomi islam
· Terampil menjelaskan persoalan-persoalan bisnis dari prespektif hukum islam
· Terampil memberikan konsultasi hukum bisnis islam
· Terampil menerapkan konsep-konsep ekonomi islam
· Terampil melakukan penelitian di bidang hukum bisnis dan ekonomi islam

7. Memiliki komitmen keberagamaan dan keilmuan di bidang mu’amalah
· Berkepribadian sarjana muslim di bidang mu’malah (hukum bisnis dan ilmu ekonomi islam)
· Memiliki sikap terbuka, profesional dan gairah pengembangan keilmuan dalam mu’amalah






2. STRUKTUR PROGRAM DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH
PROGRAM STUDI MU’AMALAH/EKONOMI SYARIAH
SEMESTER I
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 102
Civic Education
2
MPK
2.
ST 103
Bahasa Indonesia
2
MPK
3.
ST 105
Bahasa Inggris 1
2
MPK
4.
ST 104
Bahasa Arab 1
2
MPK
5.
ST 101
ISD, IBD, IAD
2
MPK
6.
ST 106
Metodologi Studi Islam/PHI
2
MKK
7.
SY 201
Fiqih Ibadah
2
MKK
8.
SY 202
Fiqih Muamalah
3
MKK
9.
ES 601
Pengantar Ilmu Ekonomi
2
MKK
10.
ES 301
Pengantar Manajemen
2
MKK


JUMLAH SKS
21

SEMESTER II
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ST 115
Bahasa Inggris 2
2
MPK
2.
ST 114
Bahasa Arab 2
2
MPK
3.
ES 401
Pengantar Akuntansi
2
MKK
4.
SY 501
Ayat dan Hadist Ekonomi
2
MKB
5.
SY 203
Pengantar Ilmu Tafsir dan Hadits
3
MKK
6.
ST 205
Ushul Fiqih dan Qawaidul Fiqiyah
3
MKK
7.
SY 604
Hukum Ekonomi
2
MKB
8.
ES 606
Ekonomi Mikro
3
MKB
9.
ES 703
Zakat dan Pajak dalam Islam
2
MPB


JUMLAH SKS
21

SEMESTER III
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 208
Hukum Perikatan Islam
2
MKB
2.
ES 502
Ekonomi Islam
3
MKB
3.
ES 607
Ekonomi Makro
3
MKB
4.
ES 608
Matematika Ekonomi
3
MKK
5.
ES 609
Hukum Perikatan
2
MKB
6.
ES 402
Akuntansi
2
MKK
7.
ES 202
Hukum Dagang
2
MKB
8.
ES 705
Hukum Pajak
2
MKB
9.
SY 503
Fiqih Zakat
2
MKB


JUMLAH SKS
21


SEMESTER IV
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 304
Manajemen Keuangan 1
3
MPB
2.
ES 303
Zakat dan Pajak dalam Islam
2
MPB
3.
ES 403
Akuntansi Biaya
3
MKB
4.
ES 404
Akuntansi Manajemen
3
MKB
5.
ES 602
Aplikasi Komputer
3
MPB
6.
ES 504
Mikro Ekonomi Islam
2
MKB
7.
ES 505
Lembaga Perekonomian Syari’ah
2
MKB
8.
ES 605
Lembaga Keuangan Syari’ah
2
MKB
9.
ES 302
Perilaku Organisasi Bisnis
2
MBB


JUMLAH SKS
22


SEMESTER V
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 305
Manajemen Keuangan 2
3
MPB
2.
ES 306
Manajemen Resiko
2
MPB
3.
ES 307
Manajemen Sumber Daya Insani
2
MBB
4.
ES 308
Manajemen Lem.Keu Islam 1
2
MKB
5.
ES 405
Manajemen Perusahaan
3
MPB
6.
ST 205
Ilmu Tasawuf
2
MPK
7.
ES 507
Filsafat Ekonomi Islam
2
MKB
8.
ES 610
Perekonomian Indonesia
2
MKB
9.
ST 207
Metode Penelitian Dasar
2
MKK
10
ES 603
Statistika
2
MKK


JUMLAH SKS
22


SEMESTER VI
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 309
Riba dalam Islam
2
MPB
2.
ES 310
Keuangan Internasional
3
MKB
3.
ES 311
Bisnis Inter./Pasar Modal & B.E
2
MKB
4.
ES 312
Studi Kelayakan Bisnis
3
MBB
5.
ES 313
Sistem Informasi Manajemen
3
MKB
6.
ES 314
Operational Research
2
MBB
7.
ES 315
Manajemen Strategik Pemasaran
2
MPB
8.
ES 612
Makro Ekonomi Islam
2
MKB
9.
ES 611
Metode Kuantitatif
2
MKK


JUMLAH SKS
21


SEMESTER VII
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 316
Etika Bisnis dalam Islam
2
MPB
2.
ES 318
Manajemen Asuransi Syari’ah
3
MKB
3.
ES 319
Ekonomi Manajerial
2
MKB
4.
ES 321
Manajemen Zakat, Infaq & Shadaqah
2
MBB
5.
ES 309
Manajemen Usaha Kecil & Menengah
2
MKB
6.
ES 611
Metode Penelitian Ekonomi
2
MKK


JUMLAH SKS
11



SEMESTER VIII
NO
KODE
MATA KULIAH
SKS
KOMPONEN
1.
ES 801
PPL
4
MBB
2.
ST 603
Kuliah Kerja Nyata
4
MBB
3.
ES 601
Skripsi
6
MPB


JUMLAH SKS
14



3. BEBAN STUDI
Beban studi mahasiswa untuk menyelesaikan program sarjana ( S1 ) Program studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah harus menyelesaikan beban studi 153 SKS, terdiri dari :
MPK : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian : 18 SKS
MKK : Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan : 32 SKS
MKB : Mata Kuliah Keahlian Berkarya : 49 SKS
MPB : Mata Kuliah Perilaku Berkarya : 36 SKS
MBB : Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat : 18 SKS
Jumlah : 153 SKS


4. PROSPEK PEKERJAAN

Program Studi Mu’amalah/Ekonomi Syariah memiliki peluang kerja yang sangat luas antara lain :
a. Pengelola dan konsultan BAZIS.
b. Konsultan dan Penyuluh pengembangan usaha ekonomi masyarakat.
c. Administrator/Akuntan Lembaga Ekonomi Syariah.
d. Peneliti di bidang mu’amalah/ekonomi umat

5. SILABUS
Silabus mata kuliah terlampir

VI. KESIMPULAN
A. KESIMPULAN
Dengan mempertimbangkan faktor kesiapan sarana prasarana dan keluasan tanah yang dimiliki, faktor demografis, sektor SDM Pengelola dan prediksi calon mahasiswa serta faktor lainnya, maka permohonan pendirian Sekolah Tinggi Islam Ki Ageng Pekalongan (STIKAP) Pekalongan, dipandang layak untuk segera dikabulkan pada tahun akademik 2009/2010
B. PENUTUP
Semoga usaha pendirian Sekolah Tinggi Islam Ki Ageng Pekalongan (STIKAP) Pekalongan ini dapat menjadi sumbangan nyata dan bukti partisipasi masyarakat dan Yayasan Madrasah Islamiyah ( YMI ) dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.
Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan petunjuk dan jalan kemudahan bagi kita semua, Amin.
Pekalongan, 1 Pebruari 2009
Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI)
Wonopringgo Pekalongan
Ketua, sekretaris,


H.M. Anwar Khan, S.Ag Drs. H. Irwan Abas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar